Peringati hari pahlawan, aliansi masyarakat surakarta deklarasikan jaga indonesia
Peringati hari pahlawan, aliansi masyarakat surakarta deklarasikan jaga indonesia

SOLO, Indonesiabaru – Menyambut peringatan hari pahlawan yang diperingati pada 10 november, puluhan warga di Solo jawa tengah menggelar deklarasi di bundaran gladag. Dengan mengusung tema jaga indonesia aksi ini mengingatkan agar semua elemen masyarakat mengedepankan kepentingan nasional, dan menyingkirkan ego maupun kepentingan kelompok.

Deklarasi ini sengaja digelar di bawah patung slamet riyadi, pejuang kemerdekaan yang berasal dari kota Solo. Selain bendera merah putih, para peserta aksi terlihat juga mengibarkan bendera bertuliskan jaga Indonesia,sesuai deklarasi yang mereka selenggarakan.

Peringatan hari pahlawan kali ini memang diperingati puluhan warga solo ini dengan cara berbeda. Tidak ada upacara bendera seperti pada umumnya, namun justru dijadikan momen sebagai deklarasi jaga indonesia. Tema jaga Indonesia menjadi tema utama yang diusung para peserta aksi peringatan hari pahlawan ini, sebagai bentuk seruan kepada seluruh elemen masyarakat di tanah air agar lebih mengutamakan keutuhan NKRI yang telah direbut para pejuang dengan segala pengorbanan mereka.

Dalam aksi sekaligus deklarasi ini, puluhan peserta secara beramai ramai mengenakan topeng bergambarkan para pejuang revolusi, seperti pangeran Diponegoro, Cut Nyak Din, Patimura, Sisingamangaraja, dan para pejuang kemerdekaan lainnya. Aksi menggunakan topeng para pejuang ini sebagai upaya menyadarkan masyarakat, tentang jatidiri dan keberadaan para pejuang masa dahulu demi tanah air ini.

Deklarasi jaga indonesia dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di bawah patung slamet riyadi. Peletakan karangan bunga di bawah patung slamet riyadi ini dilakukan sebagai symbol penghormatan dan komitmen untuk tetap menjaga Indonesia.Penghormatan dengan simbolis peletakan karangan bunga di bawah patung slamet riyadi ini diklaim merupakan momen yang belum pernah dilakukan sebelumnya, meski setiap tahun peringatan hari pahlawan selalu digelar di kota Solo, terlebih Slamet Riyadi merupakan pahlawan yang berasal dari kota Solo.

Aksi dan deklarasi jaga Indonesia dilanjutkan dengan pelepasan puluhan burung merpati sebagai symbol perdamaian, dengan harapan agar pemimpin, pejabat serta seluruh elemen masyarakat Indonesia saat ini, tidak terus bermusuhan demi ambisi pribadi, dan lebih mementingkan kepentingan bersama, demi menjaga keutuhan bangsa dan NKRI. Deklarasi ini diakhiri dengan pembagian ribuan stiker kepada para pengendara baik roda dua maupun roda empat, yang tengah melintas di area bundaran gladag.(R34)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here