Pohon tumbang blokade jalan ringroad Madiun, Selasa (8/12)
Pohon tumbang blokade jalan ringroad Madiun, Selasa (8/12)

                                          

MADIUN, indonesiabaru.id – Diduga akibat usia yang sudah tua sebuah pohon besar di jalur ring road wilayah Madiun, Jawa Timur tumbang pada Selasa (8/ 12) tadi. Batang pohon tekik ukuran cukup besar itu melintang di ruas jalan, sehingga menutup arus masuk jalan menuju kota Madiun. Tak hanya itu saja, bagian atas pohon juga menutup separuh jalan menuju luar kota Madiun.

Menurut petugas BPBD Madiun, saat kejadian tidak ada angin maupun hujan yang menjadi penyebab robohnya pohon setinggi sepuluh meter ini. Selain karena tua, diduga robohnya pohon ini lantaran berada di dekat saluran air, sehingga akar tergerus arus air. “Cuma, pohon itu tumbuh dekat saluran air, Mas. Kemungkinan bagian akar tergerus air hujan sebelumnya, sehingga rapuh,” tutur Abdul Azis, personil BPBD Madiun, kepada wartawan.

Sistem buka tutup arus diterapkan petugas BPBD Madiun selama proses pemotongan pohon yang menghalangi jalan ringroad Madiun (8/12)

Petugas penanggulangan bencana, BPBD, relawan dan aparat terkait lain langsung turun tangan pembersihan. Batang serta dahan dan ranting pohon disingkirkan petugas menggunakan gergaji besi, serta alat pertukangan lainnya. Selama dilakukan pembersihan, petugas menerapkan sistem buka tutup, bagi lalu lintas baik masuk maupun keluar Madiun.

Beruntung dalam peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa. Pasalnya, saat ambruknya pohon tersebut jalur sekitar lokasi tidak terdapat pengguna jalan sedang melintas. “Tapi setiap kita tetap harus waspada. Mengingat bencana bisa terjadi setiap saat, meski tidak didahului hujan ataupun angin kencang,” pungkas Azis. (fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here